Transformasi Digital Pemasaran
Dengan adanya pandemi covid-19 ini
terjadi penurunan omset toko buku hingga 70% – 80 %. Hal tersebut menyebabkan
banyak penerbit yang memberhentikan distribusi ke toko buku, bahkan beberapa
peerbit gulung tikar dan bangkrut. Selama masa pandemi terjadi penurunan
pengunjung ke toko buku mulai bulan Maret hingga Mei.
Bagaimana cara penerbit mengatasi hal
ini? Mari kita simak bersama penjelasan dari Bapak Agust Subardana selaku
narasumber pada malam hari ini.
Pentingnya Tranformasi Digital
Dampak dari pandemi covid-19 mengubah
dunia menuju era Low Touch Economy yang ditandai dengan interaksi antar
individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan
dan keselamatan, perilaku baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri,
terutama sektor industri perbukuan.
Perubahan ini berdampak ke banyak hal mulai dari tempat bekerja, cara belajar-mengajar, kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial.
Strategi yang utama adalah
digital marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis
penerbitan buku.
Digital Marketing
Dengan digital marketing sangat
efektif dalam berbagai hal seperti : branding, social media, content marketing,
email marketing, video production, SEO, web design, app development, dan sem.
Dengan digital marketing kita dapat
melakukan berbagai strategi dalam memasarkan buku, diantaranya:
1. Pertama karena dengan digital marketing sangat efektif dalam pemasaran buku
sehingga dapat meningkatkan penjualan
2. Kita harus tetap berhubungan langsung dengan pelanggan buku di media sosial
3. Dapat memudahkan pelanggan dalam mencari judul buku di online, baik melalui marketplace ataupun media sosial lainnya.
4. Membangun tim dengan seller agar lebih memudahkan cara strategi penjualan
5. Membuat mitra di media sosial secara online untuk memasarkan produk-produk kita.
6. Harus tampil terdepan, tercepat dan tepat sasaran dalam pemasaran buku sehingga harus mempunyai tim yang mengerti tentang pemasaran lewat digital marketing ini.
7. Mengadakan penawaran promo khusus dengan diskon untum menarik konsumen sehingga dapat meningkatkan angka penjualan
8. Mengadakan event oline seperti webinar, via youtube, grup whatsapp, dll. sebagai media promosi buku.
9. Dengan digital marketing kita bisa lebih cepat merespon menangani pembeli dan mengirimkan barang
10. Menggunakan mobile marketing dengan memanfaatkan peluang internet
11. Email marketing untuk melakukan pendekatan
12. Dengan website integrated marketing sehingga
aktivitas pemasaran dapat berjalan terus menerus dan semua
tersampaikan/terkoneksikan.
13. Visual marketing, sangat penting untuk menarik
minat pembeli dan bekerja sama.
Manfaat digital marketing antara lain :
- Biaya lebih relatif terjangkau atau murah
- Daya jangkauan sangat luas
- Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita
tawarkan sesuai kategori
- Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
- Mudah di evaluasi dan dikembangkan
- Lebih cepat popular
- Sangat membantu meningkatkan penjualan
Potensi Buku Sekolah
Terkait dengan kebijakan dana Bantuan
Operasional Sekolah, maka dapat dilakukan beberapa hal, yaitu :
- Untuk pengembangan perpustakaan
- Kegiatan penerimaan siswa baru
- Kegiatan pembelajaran dan ekstrakrikuler
- Kegiatan evaluasi pembelajaran
- Pengelolaan sekolah
- pembelian atau perawatan alat multimedia
pembelajaran
- Pembayaran honor
- Perawatan sekolah langganan daya dan jasa
- Pengembangan profesi guru
Penerbit Andi Menyediakan Melayani
- Melayani pembelian buku dari dana bos melalui
siplah
- Buku teks terutama kurikulum 2013 bupel
pendamping, dab buku pelajaran peminatan
- Buku pelajaran SMK untuk buku kelompok C2 dan C3
- Buku ajar informatika kelas 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,
11, dan 12
- Buku perpustakaan baik buku fisik dan e-book
Ranking Buku Laku
di Toko Buku
Kontribusi terbesar 16,59%
masih didominasi dengan buku novel. Dari ranking 1 hingga 10 merupakan kategori
gambaran buku yang masih diminati pembeli dapat dijadikan referensi kita dalam
menulis dan menerbitkan buku.
Rangkuman Tanya jawab
1. (Pertanyaan
dari Ibu Aam Nurhasanah – Lebak Banten)
Bagaimana sistem pembelanjaan buku paket
melalui siplah? Apakah bisa buku dibayar setelah buku sampai ?
Masukkan terlebih dulu akun dapodik sekolah, kemudian
akan kirim barang, setelah buku diterima ada bukti terima yang harus diupload
di siplah, dan pembeli melakukan pembayaran, bukti transfer pembayaran di
upload kembali ke siplah, dan baru menunggu verifikasi dari pihak marketplace.
Panduan pembelian belanja instan di SIPLah dapat dibuka di link
berikut:
2. (Pertanyaan dari Andy Muhtadin – Beltim Babel)
Bagaimana cara kita bekerja sama dalam
memasrkan buku sebagai penulis dengan pihak penerbit marketing dalam memasarkan
buku karya solo maupun karya bersama?
Dapat dilakukan dengan bedah buku, webinar, promosi
diskon buku. Penulis dapat memasarkan sendiri dan akan mendapat royalti 30-40%.
3. (Pertanyaan
dari Bapak Sunaryo – Berau)
Apa peran yang diharapkan oleh penerbit
terutama bagi pemasaran terhadap penulis untuk ikut andil dalam menghadapi
kondisi seperti ini ?
Apa harapannya kepada para guru agar pemasaran buku bisa
segera pulih ?
Peran yang diharapkan adalah penulis bisa
berkolaborasi dengan penerbit dalam hal mengadakan promosi bersama lewat media
sosial dan komunitas yang ada agar buku yang ditulis penulis dapat meningkatkan
penjualan. Dapat juga dilakukan dengan acrara webinar, bedah buku, live
streaming, dll.
Penerbit mengharapkan peran guru agar bisa
membangkitkan semangat membaca kepada siswa dan menjadikan siswa gemar membaca.
4. (Pertanyaan
dari Ibu Ai S Dewi – SMPN 1 Cibogo)
Bagaimana
cara agar buku kita masuk di akun SIPLah dan apa saja
syarat-syaratnya ?
Untuk masuk ke akun
SIPLah sebuah buku harus lolos penilaian dari perpusbuk serta mendapatkan
sk dan didaftarkan dalam website servis pushbook, barulah buku tersebut
akan terkoneksi ke siplah kemendikbud dan akan terupload ke marketplace yang
ada.
Kesimpulan
Semua harus ditulis, apapun itu.
Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima
penerbit.
Yang penting tulis, tulis, dan tulis.
Suatu saat pasti berguna.
Kami siap membantu dalam memasarkan buku.
Menulis adalah berjuang.
Penulis adalah Pahlawan yang akan dikenang
selama-lamanya.
Lembaran karya adalah medan pertempuran.
Pena adalah senjatanya.
Buku adalah gudang ilmu, Kuncinya adalah membaca.
Membaca adalah jendela dunia.
Profil Penulis
Agust. Subardana, S.E., M.M., CDS
Direktur Pemasaran Penerbit Andi
Email : Agust.subardana@gmail.com
Hp : 08112936680
Blog : Literasikangagus.blogspot.com
Youtue : Literasi By Agus
Semoga Bermanfaat..
Salam Literasi
Gemar Membaca
Giat Menulis
#bjh
kerenz
BalasHapuskeren Bu mantap
BalasHapusHatur nuhun kunjungannya..
HapusMntpp...siiipp..
BalasHapusTerima kasih..
HapusRapi,nantap,
BalasHapusTerima kasih kunjungannya..
Hapustetap semangat
BalasHapus