Transformasi Digital Pemasaran

Dengan adanya pandemi covid-19 ini terjadi penurunan omset toko buku hingga 70% – 80 %. Hal tersebut menyebabkan banyak penerbit yang memberhentikan distribusi ke toko buku, bahkan beberapa peerbit gulung tikar dan bangkrut. Selama masa pandemi terjadi penurunan pengunjung ke toko buku mulai bulan Maret hingga Mei.

Bagaimana cara penerbit mengatasi hal ini? Mari kita simak bersama penjelasan dari Bapak Agust Subardana selaku narasumber pada malam hari ini.


Pentingnya Tranformasi Digital
Dampak dari pandemi covid-19 mengubah dunia menuju era Low Touch Economy yang ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri, terutama sektor industri perbukuan.

Perubahan ini berdampak ke banyak hal mulai dari tempat bekerja, cara belajar-mengajar, kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial.


Strategi yang utama adalah digital  marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku.

Digital Marketing
Dengan digital marketing sangat efektif dalam berbagai hal seperti : branding, social media, content marketing, email marketing, video production, SEO, web design, app development, dan sem.

Dengan digital marketing kita dapat melakukan berbagai strategi dalam memasarkan buku, diantaranya:
1. Pertama karena dengan digital marketing sangat efektif dalam pemasaran buku sehingga dapat meningkatkan penjualan

2. Kita harus tetap berhubungan langsung dengan pelanggan buku di media sosial

3. Dapat memudahkan pelanggan dalam mencari judul buku di online, baik melalui marketplace ataupun media sosial lainnya.

4. Membangun tim dengan seller agar lebih memudahkan cara strategi penjualan

5. Membuat mitra di media sosial secara online untuk memasarkan produk-produk kita.

6. Harus tampil terdepan, tercepat dan tepat sasaran dalam pemasaran buku sehingga harus mempunyai tim yang mengerti tentang pemasaran lewat digital marketing ini.

7. Mengadakan penawaran promo khusus dengan diskon untum menarik konsumen sehingga dapat meningkatkan angka penjualan

8. Mengadakan event oline seperti webinar, via youtube, grup whatsapp, dll. sebagai media promosi buku.

9. Dengan digital marketing kita bisa lebih cepat merespon menangani pembeli dan mengirimkan barang

10. Menggunakan mobile marketing dengan memanfaatkan peluang internet

11. Email marketing untuk melakukan pendekatan

12. Dengan website integrated marketing sehingga aktivitas pemasaran dapat berjalan terus menerus dan semua tersampaikan/terkoneksikan.

13. Visual marketing, sangat penting untuk menarik minat pembeli dan bekerja sama.


Manfaat digital marketing antara lain :
  1. Biaya lebih relatif terjangkau atau murah
  2. Daya jangkauan sangat luas
  3. Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori
  4. Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
  5. Mudah di evaluasi dan dikembangkan
  6. Lebih cepat popular
  7. Sangat membantu meningkatkan penjualan

Potensi Buku Sekolah
Terkait dengan kebijakan dana Bantuan Operasional Sekolah, maka dapat dilakukan beberapa hal, yaitu :
  1. Untuk pengembangan perpustakaan
  2. Kegiatan penerimaan siswa baru
  3. Kegiatan pembelajaran dan ekstrakrikuler
  4. Kegiatan evaluasi pembelajaran
  5. Pengelolaan sekolah
  6. pembelian atau perawatan alat multimedia pembelajaran
  7. Pembayaran honor
  8. Perawatan sekolah langganan daya dan jasa
  9. Pengembangan profesi guru

Penerbit Andi Menyediakan Melayani
  1. Melayani pembelian buku dari dana bos melalui siplah
  2. Buku teks terutama kurikulum 2013 bupel pendamping, dab buku pelajaran peminatan
  3. Buku pelajaran SMK untuk buku kelompok C2 dan C3
  4. Buku ajar informatika kelas 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, dan 12
  5. Buku perpustakaan baik buku fisik dan e-book


Ranking Buku Laku di Toko Buku

Kontribusi terbesar 16,59% masih didominasi dengan buku novel. Dari ranking 1 hingga 10 merupakan kategori gambaran buku yang masih diminati pembeli dapat dijadikan referensi kita dalam menulis dan menerbitkan buku.


Rangkuman Tanya jawab
1.  (Pertanyaan dari Ibu Aam Nurhasanah – Lebak Banten)
Bagaimana sistem pembelanjaan buku paket melalui siplah? Apakah bisa buku dibayar setelah buku sampai ?
Masukkan terlebih dulu akun dapodik sekolah, kemudian akan kirim barang, setelah buku diterima ada bukti terima yang harus diupload di siplah, dan pembeli melakukan pembayaran, bukti transfer pembayaran di upload kembali ke siplah, dan baru menunggu verifikasi dari pihak marketplace. Panduan pembelian belanja instan di SIPLah dapat dibuka di link berikut: 




  2.  (Pertanyaan dari Andy Muhtadin – Beltim Babel)
Bagaimana cara kita bekerja sama dalam memasrkan buku sebagai penulis dengan pihak penerbit marketing dalam memasarkan buku karya solo maupun karya bersama?
Dapat dilakukan dengan bedah buku, webinar, promosi diskon buku. Penulis dapat memasarkan sendiri dan akan mendapat royalti 30-40%.

 3. (Pertanyaan dari Bapak Sunaryo – Berau)
Apa peran yang diharapkan oleh penerbit terutama bagi pemasaran terhadap penulis untuk ikut andil dalam menghadapi kondisi seperti ini ? 
Apa harapannya kepada para guru agar pemasaran buku bisa segera pulih ?
Peran yang diharapkan adalah penulis bisa berkolaborasi dengan penerbit dalam hal mengadakan promosi bersama lewat media sosial dan komunitas yang ada agar buku yang ditulis penulis dapat meningkatkan penjualan. Dapat juga dilakukan dengan acrara webinar, bedah buku, live streaming, dll.
Penerbit mengharapkan peran guru agar bisa membangkitkan semangat membaca kepada siswa dan menjadikan siswa gemar membaca.

 4.  (Pertanyaan dari Ibu Ai S Dewi – SMPN 1 Cibogo)
     Bagaimana cara agar buku kita masuk di akun SIPLah   dan apa saja syarat-syaratnya ?
   Untuk masuk ke akun SIPLah sebuah buku harus lolos  penilaian dari perpusbuk serta mendapatkan sk dan didaftarkan dalam website servis pushbook, barulah buku tersebut akan terkoneksi ke siplah kemendikbud dan akan terupload ke marketplace yang ada.


Kesimpulan

Semua harus ditulis, apapun itu.

Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit.

Yang penting tulis, tulis, dan tulis.

Suatu saat pasti berguna.

Kami siap membantu dalam memasarkan buku.

Menulis adalah berjuang.

Penulis adalah Pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya.

Lembaran karya adalah medan pertempuran.

Pena adalah senjatanya.

Buku adalah gudang ilmu, Kuncinya adalah membaca.

Membaca adalah jendela dunia.



Profil Penulis


Agust. Subardana, S.E., M.M., CDS
Direktur Pemasaran Penerbit Andi
Email : Agust.subardana@gmail.com
Hp : 08112936680
Blog : Literasikangagus.blogspot.com
Youtue : Literasi By Agus


Semoga Bermanfaat..
Salam Literasi
Gemar Membaca
Giat Menulis
#bjh


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pencerahan Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Freewriting Perlu Insting, Apa itu ???

Trik Mengubah PTK atau Best Practice Menjadi Sebuah Buku